ads

header ads

Memasang Script Alert atau Sapaan Pengunjung


Suatu ketika, mungkin anda pernah menjumpai blog yang saat di buka tidak langsung terlihat isi blognya, namun ada pesan yang mirip dengan gambar di bawah ini. Konon, dalam dunia Blogsphere, hal itu disebut alert message. Lain ladang lain belalang, lain orang lain keinginan, begitu kata pepatah. Saya sendiri sebenarnya kurang "nyuzz" untuk memasang script ini karena mengurangi kenyamanan para pengunjung, sebab setiap buka halaman baru pesan ini akan selalu muncul dan harus selalu di klik oleh pengunjung blog.

Jika anda ingin memasang script tersebut, kalau boleh saya sarankan, sebaiknya jangan memasang terlalu banyak. Karena bisa jadi akan membuat malas pengunjung. Lihat gambar berikut, dan coba anda bayangkan jika sang pemilik blog memasangnya terlalu banyak. Untung, sang pemilik blog ini, teman saya si bocah pola hanya memasang satu script alert, kalau tidak bisa berabe deh...



Nah, untuk memasangnya sebenrnya tidak sulit dan sangat mudah, karena script yang ditambahkan tidak banyak. Yakni :

<SCRIPT language='JavaScript'>alert("PERINGATAN!!! Orang yang belum mandi dilarang membaca blog ini. Apakah anda sudah mandi ?! Jika sudah, Lanjuuuut, hehehe (Klik OK!)");</SCRIPT>

Tulisan yang berwarna biru adalah tulisan yang hendak anda tuliskan, tentunya ini sesuai dengan keinginan anda. Satu script adalah untuk satu alert, jika ingin menambahnya berarti tinggal menambahkan script sesuai dengan keinginan. Misal ingin memasang dua buah alert, maka scriptnya jadi seperti ini :

<SCRIPT language='JavaScript'>alert("PERINGATAN!!! Orang yang belum mandi dilarang membaca blog ini. Apakah anda sudah mandi ?! Jika sudah, Lanjuuuut, hehehe (Klik OK!)");</SCRIPT>

<SCRIPT language='JavaScript'>alert("Semoga anda merasa nyaman dan betah berlam-lama di blog ini. Amien...");</SCRIPT>


Atau anda bisa memodifikasinya menjadi tampilan lain, misalnya iseng-iseng tanya nama pengunjung, masih jomblo atau sudah janda , atau pertanyaan-pertanyaan lainnya, maka scriptnya menjadi seperti ini.

<script type="text/javascript">
var yourName = prompt("Boleh Tahu Namanya?", "Nama Anda");
</script>


dan tampilannya menjadi seperti ini.


Anda tinggal merubah kalimat yang berwarna hijau (Boleh Tahu Namanya?) dan pink (Nama Anda) sesuai dengan keinginan. (perhatikan tulisan pada hasil tampilan di atas).
Sangat mudah kan untuk memasanganya? Atau masih bingung? Berikut adalah langkah-langkahnya :

Cara pertama:

1. Login ke blogger.
2. Klik Tata Letak.
3. Klik tab Edit HTML.
4. Klik tulisan Download Template Selengkapnya.
5. Silahkan save dulu template tersebut di tempat yang "aman" (PC anda), ini di maksudkan untuk mengurangi resiko apabila terjadi kesalahan ketika melakukan editting pada template, kita masih punya back up data untuk mengembalikannya seperti semula.
6. Cari kode </head>.
7. Copy kode yang anda sukai di atas (sesuaikan dengan pilihan anda), lalu paste tepat di atas kode </head>.
8. Lalu jangan lupa klik SIMPAN/ SAVE.

Cara Kedua :

Anda tinggal menambahkan script yang anda pilih di atas, ke dalam Elemen halaman. Langkah-langkahnya adalah sebagai berikut.
Masuk ke Dasbor >> Tata Letak (layout) >> Tambah Gadget >> Tambahkan HTML/Javascript, lalu paste script yang anda pilih ke dalam konten, dan titelnya dikosongkan. Selesai.

Catatan:
Jika anda memakai cara yang pertama, maka halaman blog anda tidak akan muncul (kelihatan) sampai pengunjung mengkliknya. Konkretnya, silahkan klik di sini. Jika menggunakan cara yang kedua, isi blog akan kelihatan, tapi non-aktif sampai pengunjung mengkliknya. Konkrtinya, silahkan kunjungi blog bocah polah di atas. Silahkan pilih yang anda suka...Salam blogger..

Post a Comment

12 Comments

  1. Pertamanya..
    Nyoba kommen ya...muncul gak fotoku sing elegant.... :)) =))

    ReplyDelete
  2. eh eh ! gimana caranya nampilin script alert pas kita tutup halamannya ? seperti sapaan slamat tinggal dan sampai jumpa lagii . kirim jawabannya ke ananda_64n35h4@yahoo.co.id . mksii .

    ReplyDelete
  3. makasi bro atas infonya...kunjungin blog ku yah..

    ReplyDelete
  4. http://rassiv123.blogspot.com

    ReplyDelete
  5. mas kok klo buat bacaan trus ada tulisan yg menggunakan bahasa scipt, kok tidak mau muncul bahasa tersebut klo udah di terbitkan, tolong dikirim jawabannya ke e-mail aq "ixan_the_trane@yahoo.com";););)

    ReplyDelete
  6. mas g mana caranya nampilkan pilihan cepat kategori/judul bacaan kayak milik mas atau blog tutorial please mas

    ReplyDelete
  7. Wah makasih bgt krn udh posting artikel ini. Aq sneng bgt akhirny bisa jga bwt yg ky gni.hehehe

    O ya mas jgn lpa liat blog q ya di:

    saifulcorner.blogspot.com

    Klo bsa ceyh skalian tukar link, coz aq cri back link blog ini gk ad, ksih tw ke blog q klo udh ad back link ke blogny mas ini.


    Thanks bgt dech.

    ReplyDelete
  8. Tks Infonya dah sy terapin.
    Info lagi bang, penempatan Link Iklan di Blog saya agar menuju situs iklan tsb defaultnya dibawah, gmn ngeset biar bisa letakkan diatas kanan/kiri blog?
    Trims lg n sukses.

    ReplyDelete
  9. Bang, penempatan iklan di blog saya utk menuju situs iklan tsb defaultnya dibawah, gmn cara seting diatas kanan & kiri.
    Trims n sukses.

    ReplyDelete
  10. @ Si Gamer Ganesha ;
    Untuk saat ini, saya masih belum menemukan triknya.

    @ IKHSAN ;
    Untuk pertanyaan pertama, saya sudah kirimkan jawabannya ke email kamu. Sedang pertanyaan kedua, kita tinggal ambil link pada label posting blog kita.

    @ gamst ;
    Untuk link exchange, insya Allah ke belakang saya akan sediakan ruang khusus.

    @ JavaAnekaBisnis ;
    Untuk pertanyaan kau, insya Allah kita akan sharing pada postingan berikutnya. Biasanya, trik tersebut dikenal dengan TRIK POJOK.bisa kita isi dengan iklan, link, widget dan lain-lain. Tunggu ya...

    Thank's untuk semuanya....

    ReplyDelete
  11. Jd bingung Gw.. http://andizoone.blogspot.com

    ReplyDelete

Kepada Sobat-Sobat sekalian silahkan komen Disini, Semuanya boleh komen, yang tua sampai muda bebas berkomen ria di bawah ini.

Silahkan menuliskan komentar anda pada opsi Google/Blogger untuk anda yang memiliki akun Google/Blogger.

Silahkan pilih account yang sesuai dengan blog/website anda (LiveJournal, WordPress, TypePad, AIM).

Pada opsi OpenID silahkan masukkan URL blog/website anda pada kotak yang tersedia.

Atau anda bisa memilih opsi Nama/URL, lalu tulis nama anda dan URL blog/website anda pada kotak yang tersedia. Jika anda tidak punya blog/website, kolom URL boleh dikosongi.

Gunakan opsi 'Anonim' jika anda tidak ingin mempublikasikan data anda. (sangat tidak disarankan)

Makacih ya atas komennya ...