ads

header ads

FileAve.Com ; Solusi Penyimpanan Java Script & Css


FileAve.com adalah layanan gratis yang diluncurkan oleh Ripside Interactive pada tahun 1999. FileAve.com ini memungkinkan sobat menyimpan file dengan ekstensi js (Java Script) dan CSS (Cascading Style Sheet), serta dapat dijadikan web hosting gratis dengan kapasitas 50 MB. Dengan memiliki akun di FileAve.com, otomatis kita dapat subdomain dengan alamat http://namakamu.fileave.com. Setalah ada kabar bahwa Google Page Creator ditutup, saya sendiri pernah menggunakan jasa Yahoo Geocities. Akan tetapi, sepertinya Yahoo Geocities akhir-akhir ini, lebih fokus pada layanan free web hosting dan prosedur-mikanisme upload-nya tidak seperti sebelumnya (atau mungkin sudah ditutup?). Maka, FileAve.com sepertinya mampu menjadi solusi untuk menyimpan Java Script dan CSS.

Kenapa Harus Memiliki Akun Sendiri?
Ketika sobat memasang suatu script atau image yang bersumber dari milik orang lain, maka hak “prerogative” untuk mengelola script tersebut adalah sang pemilik. Ia berhak memodifikasi bahkan menghapus script tadi. Walhasil, sobat akan kehilangan fungsi script tanpa bisa berbuat apa-apa. Mislanya, sobat memasang script berikut ini:

<script type='text/javascript' src='http://bahauddin.fileave.com/kumpulanJavaScript/imabasurabaya_dtree_js.js'/>



Kode http://bahauddin.fileave.com/kumpulanJavaScript/imabasurabaya_dtree_js.js menandakan bahwa script ini tersimpan dalam akun milik saya sendiri. Ya, tidak berisiko memang apabila sobat memasangnya, tetapi kalau saya tiba-tiba iseng atau terjadi sesuatu sehingga sumber script ini terhapus, maka bermasalah bukan? Nah disinilah memiliki akun sendiri menjadi krusial bahkan wajib.

Untuk mengantisipasi agar tidak terjadi kasus di atas, cara yang efektif adalah dengan meng-copy kode sumber script tersebut --- tentunya setelah minta idzin terlebih dahulu pada pemilik script tadi---, lalu paste pada address bar browser internet sobat :


Setelah muncul sederetan script java, simpanlah script tersebut di computer sobat dengan meng-klik File pada bar menu yang ada paling atas sebelah kiri, kemudian klik Save As. Nah, setelah tersimpan di computer, sobat tinggal meng-upload-nya ke hosting semisal FileAve.com ini dan hosting-hosting gratis lainnya. Tentunya dengan mengunakan akun sobat sendiri. Dan jangan lupa untuk me-rename script tersebut, mislanya dari :

http://bahauddin.fileave.com/kumpulanJavaScript/imabasurabaya_dtree_js.js



menjadi :

http://namakamu.fileave.com/kumpulanJavaScript/imabasurabaya_dtree_js.js


Maka keseluruhan kodenya menjadi :

<script type='text/javascript' src='http://namakamu.fileave.com/kumpulanJavaScript/imabasurabaya_dtree_js.js'/>


Dari sedikit paparan di atas, tidak ada salahnya sobat memilik akun di FileAve.com, karena bagaimana pun, selama sobat masih mau akrab dengan dunia blogsphare, kemungkinan besar akan selalu berjumpa dengan script java dan CSS ini. Dan untuk mendaftar di FileAve.com, tidak perlu saya perinci karena memang terlalu mudah. Kita juga bisa membuat folder dan subfolder. Silahkan klik di sini untuk melakukan pendaftaran. Selamat mencoba…

Post a Comment

5 Comments

  1. Sepakat bro....
    Ngomong2 kok lama gak di update blognya?
    Pasti sibuk banget nih ...

    ReplyDelete
  2. mksh bnyk atas sharing ilmunya....

    ReplyDelete

Kepada Sobat-Sobat sekalian silahkan komen Disini, Semuanya boleh komen, yang tua sampai muda bebas berkomen ria di bawah ini.

Silahkan menuliskan komentar anda pada opsi Google/Blogger untuk anda yang memiliki akun Google/Blogger.

Silahkan pilih account yang sesuai dengan blog/website anda (LiveJournal, WordPress, TypePad, AIM).

Pada opsi OpenID silahkan masukkan URL blog/website anda pada kotak yang tersedia.

Atau anda bisa memilih opsi Nama/URL, lalu tulis nama anda dan URL blog/website anda pada kotak yang tersedia. Jika anda tidak punya blog/website, kolom URL boleh dikosongi.

Gunakan opsi 'Anonim' jika anda tidak ingin mempublikasikan data anda. (sangat tidak disarankan)

Makacih ya atas komennya ...