ads

header ads

Facebook Phishing ; Penipuan di Faceebook

Jika sobat termasuk Facebook mania, berhati-hatilah jika mendapat email atau bahkan di Wall post Facebook sobat untuk melihat sesuatu dengan URL seperti ini:

–http://www.facebook.com.profile.php.id.371233.cn

Jika hal ini benar-benar terjadi, harap jangan terkecoh. Saya sendiri belum pernah mengalaminya, dan informasi ini saya dapatkan di techcrunch.com. Meskipun sekilas nampak menuju ke halaman Facebook, tapi ini hanya phishing. Domain aslinya adalah yang paling belakang 371233.cn. Memang, jika diakses akan menampilkan halaman login seperti miliknya Facebook.


David Emm, anggota Tim Penelitian dan Analisa Global Kaspersky Lab pernah menyatakan, “Tipuan phising dapat berhasil dengan berpura-pura menjadi sesuatu yang pada awalnya terlihat legal untuk memancing korban. Tetap waspada dan lakukan tindakan pencegahan yang tepat merupakan kunci untuk tidak masuk ke dalam perangkap mereka,”

  1. Untuk situs seperti Facebook, buat bookmark untuk halaman login, atau mengetik URL secara langsung di browser address bar.

  2. Jangan mengklik link pada pesan email.

  3. Hanya mengetik data rahasia pada website yang aman.

  4. Mengecek akun bank Anda secara regular dan melaporkan apapun yang mencurigakan kepada bank Anda.

  5. Cari tanda giveaway dari email phising: jika hal itu tidak ditujukan secara personal kepada Anda, jika Anda bukan satu-satunya penerima email, jika terdapat kesalahan ejaan, tata bahasa atau sintaks yang buruk atau kekakuan lainnya dalam penggunaan bahasa.

  6. Menginstall software untuk kemanan internet dan tetap mengupdate anti-virus.

  7. Menginstall patch keamanan.

  8. Waspada terhadap email dan pesan instan yang tidak diminta.

  9. Berhati-hati ketika login yang meminta hak Administrator.

  10. Back up data anda.


Jangan sampai memasukan email dan password sobat pada halaman ini. Jika sobat melihat URL tersebut pada Wall post yang dikirim oleh teman sobat, ada kemungkinan account Facebook teman sobat tadi telah di-hack lebih dahulu, atau bisa jadi teman sobat yang melakukan phishing ini. Waspadalah. waspadalah...!!!