Skip to main content

Blog Action Day 2008 ; Blog dan Kemiskinan


Tepat enam hari yang lalu, tanggal 15 Oktober 2008 di seluruh dunia sedang diperingati hari aksi blog sedunia atau dalam bahasa Inggrisnya adalah Blog Action Day 2008. Tema yang diangkat kali ini sangat menarik, yakni tentang kemiskinan.

Kemiskinan, ditelisik dari sudut pandang manapun tetaplah merupakan musuh nyata dalam kehidupan sehari-hari, tetapi justru semakin menyeruak bagaikan benalu yang menggerogoti pepohonan. Kemiskinan, di satu sisi masih menjadi momok bagi masyarakat, tetapi di sisi lain, ia tetap menjadi semacam pijakan apologisme miris yang paradoks. Momok, karena setiap manusia pasti tak ingin menderita kemiskinan. Paradoks, karena bagaimanapun, kemiskinan selalu menjadi senjata ampuh untuk berapologi.

Tengoklah, betapa banyak orang yang ‘lumayan’ mampu, tetapi tetap saja memburu bantuan dari pemerintah? Sehingga dibentuklah panitia pengentas kemiskinan, dengan program zakat pada bulan Ramadhan, beasiswa tidak mampu dan sebagainya. Saat ini, orang banyak yang mengaku tidak mampu, bahkan (mungkin) mereka merasa bangga karena dengan ketidakmampuan mereka, alas an kemiskinan masih efektif untuk dijadikan alat semata-mata.

Tetapi, di luar itu semua, kemiskinan menurut sebagian pengamat social, adalah bentuk konstruksi sistem yang selalu merugikan rakyat keci dan miskin.lihatlah saat ini, yang terjadi adalah yang kaya makin kaya, dan yang miskin semakin miskin. Contoh kecil saja mereka yang berduit mampu membuat banyak mall yang semakin mengantarkan duit datang sendiri ke kantong mereka. Tapi, si miskin yang menjadi pedangang kaki lima selalu kena garuk razia satpol pp lantaran 'mengganggu kenyamanan'.

Si kaya semakin kaya, dan si miskin yang hendak bangun dari kubangan kemiskinan ditekan sedemikian rupa. Mereka yang hendak bangkit dari bawah meskipun berada di jalanan tentunya berharap nasib akan segera berubah. Tentunya tidak ada alasan kenapa mereka selalu berada di jalanan. Selain faktor demand alias kebutuhan masyarakat akan jasa mereka yang tidak pernah akan surut, juga faktor bangkit dari kemiskinan lah yang membuat mereka menjadi kaum yang tak terkena imbas krisis finansial. Mereka tetap akan berjualan terus selama semangat untuk memperbaiki nasib kehidupan tetap ada.

Solusi yang diharapkan dilakukan adalah memberikan tempat yang 'layak dan nyaman' atau memberikan cukup modal untuk membuat tempat yang memang 'layak'. Sementara itu, seharusnya pula bahwa pedagang kaki lima tidak terlalu 'kaku' untuk direlokasi ke tempat yang layak'.

Contoh di atas hanyalah sebagian kecil dari contoh kemiskinan. Mari kita mencoba mengulas dan menguraikan lagi tentang kemiskinan dari perspektif agama (Islam). Ditelisik dari kacamata histories, kemiskinan sejatinya telah menjadi semacam virus yang oleh agama diperintah untuk menjauhinya. Dalam sebuah hadits Rasulullah menjelaskan bahwa “mukmin yang kuat itu lebih dicintai oleh Allah daripada mukmin yang lemah”. Tentu saja, diksi hadits ini merujuk pada segala bentuk kelemahan, termasuk dalam harta benda. Kita diperintah untuk menjadi mukmin yang kuat apapun; ilmunya, tidak miskin pengetahuan; hatinya, tidak pemarah dan pendengki; hartanya, tidak selalu meminta-minta (yang merupakan manifestasi kemiskinan. Dalam riwayat yang lain, kita dianjurkan untuk menjadi orang yang selalu memberi (tangan di atas/ al-yad al-‘ulya), bukan yang selalu menerima (al-yad al-suflaa/ tangan di bawah).

Disamping itu, agama juga mengajarkan kita untuk bekerja keras dan tentunya dalam koridor yang telah digariskan. Dia tidak akan merubah nasib suatu kaum, sebelum kaum itu merubah sendiri nasibnya. Disini selain keberpihakan untuk nasib kaum miskin, juga memberikan semangat untuk berjuang mengentaskan diri dari kemiskinan. Dua faktor inilah yang diharapkan mampu memuseumkan kemiskinan dalam kehidupan.

Semoga kita selalu dilindungin oleh Allah dari bahaya kemiskinan ini. Amin ….


Comments

Popular posts from this blog

HUMAN RELATION ; Perspektif Psikologi Humanistik, Fungsionalisme dan Behaviorisme (Sebuah Kajian Analitis-Interkonektif)*

Pendahuluan
Human Relation, merupakan hubungan atau kerjasama antara dua individu atau lebih, khususnya dalam status hubungan atau interaksi social. Buruk atau baiknya human relation dapat diukur dari adanya kepercayaan yang bersifat timbal balik antara satu orang dengan orang lain serta dari adanya sebuah penghormatan atau penghargaan dan rasa tolong menolong yang kokoh. Bukan menjadi keraguan lagi bahwasanya human relation menjadi suatu keinginan yang sangat primordial bagi setiap yayasan atau sebuah organisasi, bahkan menjadi syarat utama dari terealisasinya tujuan-tujuan serta pencapaian visi dan misi sebagai kunci kesuksesan organisasi pada umumnya.

Human relation sering disebut juga dengan “interpersonal relation”, yaitu kerjasama sekelompok individu dari masyarakat social yang tumbuh dari adanya hubungan antara satu individu dengan individu yang lain. Interpersonal relation merupakan sebuah deskripsi yang jelas tentang tata pergaulan atau tingkah laku manusia dan karakteristik pr…

Kumpulan Novel Jar (untuk HP Aplikasi Java)

Bagi para novel mania, membaca novel tentunya adalah kesenangan tersendiri. Semacam interaksi personal dengan dunia imaji yang kerap menghentak-hentak ambisi. Di dunia maya, kita banyak menjumpai situs-situs yang menyediakan novel dengan berbagai format dan ekstensinya. Ada format PDF (portable document format), yang dapat dibuka dengan program Acrobat Reader atau sejenisnya. Ada juga yang dengan bentuk format htm, yang dapat dibuka dengan browsing atau internet eksplorer secara offline. Ada juga yang berbentuk format exe. Ada juga yang menggunakan windjvu-viewer (untuk membuka file extensi *.djv / *.djvu). Ada format "lit Viewer"(untuk membuka file extensi *.lit). Dan banyak "ada juga-ada juga" yang lain...

Tapi, pada postingan kali ini, saya akan berbagi lagi dengan sobat sekalian tentang Novel HP (aplikasi java). So, bagi sobat yang punya hobbi ngoleksi novel, tetapi jarang online dan tidak punya komputer, jangan khawatir. Berkat kecerdasan teknologi, kita yang …

Download Alfiyah MP3

Di kalangan pondok pesantren, nama Ibnu Malik dan Kitab Alfiyah adalah dua entitas yang sudah tidak asing lagi, terlebih bagi pondok pesantren salaf yang setiap harinya bergumul dengan kitab kuning dan tata gramatika bahasa Arab (Nahwu & sharrof). Di pondok saya sendiri, Mambaul Ulum Bata-bata, Pamekasan, Madura, kitab Alfiyah Ibnu Malik menjadi Kitab standart acuan dalam pembelajaran Kaidah bahasa Arab, dan menjadi syarat pelulusan ke tingkat Aliyah B, yang orientasinya memang menitik beratkan pada kajian kitan klasik.

Pada malam-malam tertentu, para santri diwajibakan membaca nadham (bait-bait) Alfiyah dengan bersama-sama, dengan lagu dan irama yang bermacam-macam. diharapkan, dengan tradisi pembacaan Alfiyah secara rutin dan intens, santri mamapu menhafal dan memahami isi kandungan kitab Alfiyah ini dengan baik dan mudah.

Di era teknologi dan informasi yang serba canggih ini, kitab Alfiyah dan kitab-kitab kuning lainnya sudah tidak dipelajari secara manual dan klasikal, tetapi …