Cara Membuat Form "Kontak Kami"


Form Kontak Kami berfungsi sebagai form dimana para pengunjung website atau blog kita bisa secara langsung mengirimkan pesan, saran, atau kritik tanpa masuk pada Akun email mereka, entah mereka yang menggunakan Yahoo, Gmail, Hotmail dan lain sebagainya. Mereka tinggal menuliskan nama, email dan apa yang mereka inginkan di form yang tersedia. Disinilah fungsi efektif Contact Form ada di blog kita.

Bagi anda yang ingin membuat Form Kontak Kami, ada banyak layanan gratis yang bisa dimanfaatkan. Salah satunya adalah Contactr.com. Sejauh yang saya ketahui, layanan ini sangat cocok bagi kita yang ingin membuat Form Kontak dengan cepat dan hemat. Bila dibandingkan dengan layanan lain semisal emailmeform.com, maka Contactr.com bisa dibilang paling simpel dan cepat.

Langkah-langkahnya:

  • silahkan daftar di Contactr.com

  • lalu isi form yang tersedia (Name, Email Address, Username, Password dan Confirm Password)

  • Klik logo Signup yang ada di bawahnya

  • Buka email yang anda daftarkan (email ini secara otomatis akan jadi email penerima pesan pengunjung)

  • Buka Email Registration Confirmation dari Contactr.com lalu klik link Activasi yang diberikan

  • Login kembali di Contactr.com, lalu copy-paste Java Script di bagian AJAX Embed Widget ke halaman Posting anda



Catatan :
Jika blog anda tidak support dengan Java Script, semisal Wordpress, maka pilihlah HTML Embed Widget di bagian paling bawah. Untuk AJAX Embed Widget, anda bisa memodifikasinya dengan warna sesuka anda, dengan mengklik Customize This Widget di bawahnya. Untuk melihat contoh hasilnya, silahkan klik disini.
Previous Post Next Post