Blogger for Word ; Posting Blog dengan Ms Word


Jika selama ini kita sering menulis posting blog dengan menggunakan fasilitas menu Blogger, dimana kita terkoneksi ke internet dan setelah selesai kita bisa langsung publish postingan tersebut, saat ini ada cara lain yang bisa menghemat biaya, yakni menulis postingan secara offline.

Untuk trik ini, kita hanya mengoptimalkan aplikasi office Microsoft Word untuk menulis blog secara offline. Sebelumnya pastikan bahwa sobat sudah mendownload Blogger for Word yang dapat didownload disini. Jangan khawatir, aplikasi installernya cukup kecil sekitar 2 MB. Bila sobat ingin segera menulis blog maka lakukanlah secara offline dan bila sudah selesai kemudian nyalakan internet untuk mempublish postingan tadi.

Masih belum jelas? Oke, berikut langkah-langkahnya.

Download aplikasi Blogger for word di sini dengan meng-klik tulisan AGREE AND DOWNLOAD.



Setelah selesai download, silahkan install ke komputer sobat. Maka secara otomatis, setelah sobat menginstal aplikasi ini, toolbar Blogger akan muncul di Microsoft Word.



Secara ringkas dapat dijelaskan disini langkah-langkahnya dalam menulis blog dengan Microsoft Word 2003 sebagai berikut :

  1. Klik [Blogger Settings], kemudian muncul kotak dan masukkan Username dan Password Anda untuk login ke Blogger. Setelah itu tekan [OK].
  2. Silakan Anda menulis blog di dalam Word secara offline.
  3. Bila Anda sudah selesai, silakan ke posisi online dan tekan [Publish].
  4. Masukkan judul blog Anda dan pilih blog yang akan berisi tulisan itu, lalu klik [Send]
  5. Selesai...



Untuk Microsoft Word 2007, langkah-langkahnya hampir sama, meski sedkit berbeda :
  1. Pada menu sebelah atas klik [Add-Ins]. Opsi [Add-Ins] sebaris dengan [Home], [Page Layout], dan lain-lain.
  2. Klik [Blogger Settings], kemudian muncul kotak dan masukkan Username dan Password Anda untuk login ke Blogger. Setelah itu tekan [OK].
  3. Silakan Anda menulis blog di dalam Word secara offline.
  4. Bila Anda sudah selesai, silakan ke posisi online dan tekan [Publish]
  5. Masukkan judul blog Anda dan pilih blog yang akan berisi tulisan itu, lalu klik [Send]
  6. Selesai...


Nah, dengan trik ini, paling tidak akan mengurangi biaya online kita, apalagi untuk mahasiswa "kere" seperti saya.... Happy blogging deh....
Previous Post Next Post